Jaringan Komputer

Jaringan Komputer


1.Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan adalah 2 atau node yang terhubung dengan link.Jaringan komputer berarti 2 atau lebih komputer yang saling terhubung dengan perantara sebuah link,dapat menggunakan satu atau lebih link sesuai kebutuhan.Apabila hanya terdapat 2 komputer dan satu link,itu sudah dapat dikatakan jarangan komputer ,tetapi jaringan komputer yang sederhana.

2.Reqruitmen Sebuah Jaringan
Hal wajib yang dibutuhkan untuk membuat jaringan komputer tentunya minimal ada 2 buah komputer dan sebuah link untuk menghubungkan dua buah komputer tersebut.Link yang digunakan untuk menghubungkan 2 buah komputer yaitu :

  • LAN Card

LAN Card berguna saling menyalurkan informasi dari komputer satu ke komputer lain yang saling terhubung.Apabila LAN Card ini rusak,maka tidak dapat memberikan informasi dari satu komputer ke komputer yang lain.

lan card

  • Kabel Jaringan UTP(Unshielded Twisted Pair)

Berguna saling menghubungkan LAN Card (yang menyalurkan informasi) komputer satu dengan LAN Card komputer yang lainnya dalam satu jaringan atau bisa juga menghubungkan LAN Card komputer dengan HUB atau Switch HUB atau Router.

utp

  • Konektor RJ45

Konektor ini berfungsi untuk menghubungkan antar LAN Card yang dipasang dikedua ujung UTP.

konektor rj45

  • HUB

HUB juga berfungsi sebagai perantara komunikasi antar komputer yang saling terhubung dalam satu jaringan.Apabila HUB rusak,maka tidak dapat berkomunikasi,entah itu menerima atau mengirim.

hub

3.Latar belakang pemilihan arsitektur jaringan (Internet)

Jaringan Komputer dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa kategori yaitu :

  1. Berdasarkan Protokol
  2. Berdasarkan Topologi
  3. Berdasarkan arsitektur jaringan
  4. Berdasarkan cakupan wilayah

Penjelasan berdasarkan arsitektur jaringan :

Pada umumnya terdapat dua jenis arsitektur jaringan yaitu :

jaringan

  1. Peer to peer

Adalah jaringan komuter yang terdiri dari beberapa komputer (tidak lebih dari 10 komputer dengan terdapat 1-2 printer ).Latar belakang pemilihan jaringan jenis peer to peer yang utama adalah penggunaan program,data dan printer secara bersama-sama.

Misalnya :Terdapat  2 user yang memiliki komputer  sebut saja A dan B ,user tersebut memakai jaringan jenis peer to peer .Jadi  A dapat memakai program yang dipasang di komputer B dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan .

Dalam jenis jaringan ini banyak dijumpai pada rumah-rumah dan kantor-kantor kecil  sebab pada jaringan ini tidak ada komputer yang berfungsi khusus dan semua komputer dapat berfungsi sebagai client dan server dalam waktu yang bersamaan .Serta jaringan ini sangat praktis karena  jumlah simpul yang terhubung ke jaringan tidak lebih dari 20 buah.

Kelebihan :

  • Pelaksanaan tidak terlalu mahal,relatif murah
  • Tidak membutuhkan software server
  • Tidak membutuhkan administrator
  1. Client-Server

Adalah jaringan dimana di dalam jaringan tersebut ada satu komputer yang sudah didedikasikan untuk menjadi server(Dedicated-Server),dan komputer lainnya bertindak sebagai client.Latar belakang pemilihan jenis Client-Server  yang utama adalah bisa akses atau multi service seperti file service,mail service,atau web server.

Misalnya:Sendmail(http://www.sendmail.org) menggunakan jenis jaringan Client-Server  yang memiliki komputer sebagi server yang melayani para client dalam mendistribusikan file atau informasi.

Dalam jenis jaringan ini banyak dijumpai pada perusahaan-perusahaan besar dimana keamanan jaringan sangat penting dalam pengelolaan sistem informasi.

Kelebihan :

  • Hanya ada satu administrator yang mengatur sistem dalam jaringan,maka sudah dipastikan kalau keamanan dan administrasi dalam jaringan client-server lebih baik.
  • Server tidak dibebani sebagi workstation sehingga memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi.
  • Semua data dapat di back-up karena kontrol terpusat dilakukan oleh server.

4 .Parameter performansijaringanbesertacaraperhitungannya

  1. Packet Loss

Packet Loss adalah adalah perbandingan seluruh paket IP yang hilang dengan seluruh paket IP yang dikirimkan pada source dan destination.

Penyebab Packet Loss antara lain

  • Penurunan signal dalam media jaringan
  • Paket yang corrupt yang menolak untuk transit
  • Kesalahan hadware jaringan.

Rumus

Packet_Loss:

=((Paket Transmitted – Paket Received)/PacketTransmitted))*100%

  1. Delay

Delay adalah total waktu tunda suatu paket yang diakibatkan oleh proses transmisi dari satu titik ke titik lain yang menjadi tujuannya.

Penyebab Delay adalah adanya antrian yang panjang sehingga diperlukan  untuk mencari jalan alternative untuk menghindari antrian tersebut.

Rumus

Delay=Panjang paket /Link Bandwith

  1. Jitter

Jitter adalah Perbedaan waktu kedatangan dari suatu paket ke penerima dengan waktu yangdiharapkan. Jitter juga biasa disebut dengan variasi delay.

Penyebab Jitter antara lain

  • Peningkatan arus trafik secara signifikan dalam waktu singkat yang menyebabkan penyempitan bandwith.
  • Kecepatan node dalam proses menerima dan mengirim paket.

Rumus

J(i) = J(i-1) +( (|D(i-1,i)|-J(i-1)/16)

  1. Troughput

Troughput adalah kemampuan sebenarnya suatu jaringan dalam melakukan pengiriman data.

Rumus

Troughput =Jumlah data yang dikirim/Waktu pengiriman data

NB : / adalah pembagi untuk penghitungan rumus

Sumber :

http://werutech.com/kebutuhan-membuat-jaringan-komputer.html

http://www.coremap.or.id/downloads/modul_PC.pdf

http://deqwan1.blogspot.com/2013/04/pengertian-jaringan-peer-to-peer.html

http://jaringannetwork.blogspot.com/2013/12/jaringan-client-server-dan-peer-to-peer.html

Anonim.Quality of Service (QoS) padaJaringan IP.cgalery.blogspot.com.2011.diaksespada 7 September 2014

Anonim.PRAKTIKUM 14ANALISA QoS JARINGAN.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *