IoT Protocol

MQTT

Message Queuing Telemetry Transport (MQTT) adalah protokol transport yang bersifat client server publish/susbscribe. MQTT adalah protokol yang ringan dan terbuka, sehingga mudah diimplementasikan maka dengan karakteristik ini MQTT sangat ideal untuk digunakan dalam lingkungan jaringan yang terbatas seperti bandwidt yang rendah dan tidak terjamin dan prosesor atau memori yang terbatas pada suatu sistem embedded, MQTT dapat digunakan dalam komunikasi machine-to-machine(MTM) dan Internet of Things (IOT). Protokol transport yang digunakan adalah TCP/IP, namun tidak bisa menggunakan jaringan yang connectionless seperti UDP, karena dapat menyebabkan reorder data.

            Fitur protokol MQTT diantaranya sebagai berikut :

  1. Publish/subscribe message pattern yaitu penyediaan distribusi message dari satu ke banyak dan decoupling aplikasi.
  2. Messaging transport yang agnostic dengan isi dari payload.
  3. Menggunakan TCP/IP sebagai konektivitas dasar jaringan.Terdapat tiga level QOS yaitu :
  • At Most Once : pesan dikirim dengan upaya terbaik jaringan TCP/IP namun tetap dapat terjadi kemungkinan hilangnya pesan atau duplikasi.
  • At Least Once : pesan yang dikirim dijamin tersampaikan, namun duplikasi mungkin terjadi.
  • Exactly Once : Pesan yang dikirim dijamin tersampaikan tepat satu kali.

77

Gambar‑1 skema umum penggunaan MQTT

CoAP

Constrained Applications Protocol (CoAP) merupakan client / server transfer dokumen Model protokol berbasis internet mirip dengan HTTP tetapi dirancang untuk perangkat dibatasi. Paket coap jauh lebih kecil daripada mengalir HTTP TCP. Coap menggunakan User Datagram Protocol (UDP), mendukung siaran dan multicast. Protokol ini tidak didukung TCP. Coap mengikuti model client / server. Klien membuat permintaan ke server, server mengirim kembali tanggapan. Klien mungkin GET, PUT, POST dan DELETE sumber. Coap dirancang untuk beroperasi dengan HTTP dan web tenang luas melalui proxy sederhana.Komunikasi coap adalah melalui datagram connectionless, dan dapat digunakan di atas SMS dan lainnya komunikasi protokol berbasis paket.

Fitur protokol CoAP diantaranya sebagai berikut :

  • Keamanan : Karena dibangun di atas UDP maka SSL / TLS tidak ada untuk memberikan keamanan. Datagram Transport Layer Security(DTLS) yang ada dan memberikan jaminan yang sama seperti TLS, akan tetapi untuk transfer data melalui UDP.
  • CoAP adalah, terutama, sebuah protokol satu-ke-satu untuk mentransfer informasi negara antara klien dan server.
  • CoAP memberikan dukungan inbuilt untuk negosiasi konten dan penemuan memungkinkan perangkat untuk menyelidiki satu sama lain untuk menemukan cara-cara pertukaran data.
  • Coap klien dan server mengirim dan menerima paket UDP. Dalam lingkungan NAT, tunneling atau port forwarding dapat digunakan untuk memungkinkan CoA atau atau perangkat pertama dapat memulai koneksi ke kepala-end.
  • CoAP mendukung sarana untuk penemuan sumber daya.

 Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *